Inilah Ciri Virus Corona Menurut Wuhan University

Ciri Virus Corona Menurut Wuhan University

Berdasarkan studi Zhongnan Hospital yang menunjukkan ciri virus corona menunjukkan beberapa gejala spesifik dan membaginya dalam dua fase. Fase pertama merupakan fase biasa dan fase dua adalah fase yang terjadi setelahnya dan berlangsung selama dua minggu. Virus corona memiliki masa inkubasi paling 14 hari, rata-rata pasien membutuhkan lima hari sebelum akhirnya menunjukkan gejala dan pada masa itu sistem imun berperang untuk melawan virus sehingga tubuh tidak akan mudah mengalami infeksi, jika menang maka tubuh akan bebas dari virus tetapi jika tidak maka gejala akan mulai terlihat.

Setelah masa inkubasi selesai dan virus tetap menginfeksi maka gejala awalnya adalah ditandai dengansuhu tubuh yang mencapai 39 hingga 40 derajat celcius. Kondisi ini disertai dengan rasa lelah berlebihan, batuk kering dan nyeri otot beberapa penderitanya mengalami diare dan mual pada hari pertama hingga kedua. Hari kelima yang ditunjukkan dengan gejala yang semakin parah, hingga pasien sulit untuk bangun dari tempat tidur karena kelelahan, pada hari ini juga pasien mulai merasakan sesak napas dan semakin parah pada usia lanjutan maupun riwayat yang semakin serupa.

Berdasarkan penelitian dari Wuhan University dimana pasien pada hari ketujuh setelah masa inkubasi selesai maka akan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan apabila penanganan di  rumah tidak tepat. Hari ketujuh ditandai dengan selesainya fase pertama, sebanyak 85% pasien akan membaik dan imun tubuh akan melawan virus yang berada dalam tubuh, pasien ini sudah dapat keluar dari isolasi dan dirawat di rumah, dan masih harus di karantina selama 14 hari sehingga tidak dapat menulari orang lain. Akhir dari fase pertama adalah orang yang membaik dan orang yang membutuhkan penanganan lanjutan dengan kemungkinan 15%.

Beberapa pasien akan mengalami ciri virus corona yang berada dalam kondisi acute respiratory syndrome dimana cairan telah memasuki alveolus pada paru, biasanya akan memperparah kondisi sesak napas. Jika kondisi pasien tidak baik beberapa hari kedepan maka seseorang harus masuk dalam ICU yang mendapatkan penanganan intensif. Jika kondisi berangsur baik maka pasien hanya perlu meningkatkan kekuatan imun untuk tidak membuat virus menjadi lemah. Ketika berada dalam tahap ini, gejala pada perut akan dirasakan seperti nafsu makan yang hilang dan rasa sakit pada bagian perut lalu mengakibatkan komplikasi, sebagian akan beresiko tidak selamat. Pada hari keduabelas, tubuh sudah tidak mengalami demam yang tinggi dan mereda hingga hari ketigabelas, walaupun masih batuk-batuk hal ini masih dirasakan hingga seminggu kedepan. Kondisi ini akan membuat tubuh sedikit lebih membaik.

Pada hari ke tujuhbelas pada tahap ini ada pasien yang berada dalam keadaan baik dan tidak. Pasien
yang segera membaik pada hari ke tujuhbelas akan pulang dan orang yang tidak sembuh kemungkinan besar akan menghadapi resiko kematian. Saat ini banyak resiko meninggal karena adanya virus corona, semakin banyak orang terjangkit maka semakin banyak orang yang tidak tertolong karena kurangnya fasilitas kesehatan.

Berdasarkan ciri virus corona yang telah dijelaskan oleh Wuhan University, maka seluruh dunia kini
menyarankan untuk melakukan social distancing. Social distancing merupakan pencegahan untuk kontak dengan orang sehat atau orang yang sakit untuk memungkinkan penularan penyakit dan paling efektif untuk menurunkan jumlah orang yang terjangkit. Social distancing dilakukan dengan cara menghindari kerumunan, menjaga jarak setidaknya dua meter dan hindari orang yang sedang sakit.

Comments